KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
BADAN SARANA PERTAHANAN
PUSAT KODIFIKASI
Selamat Datang di Website Indonesian National Codification Bureau Pusat Kodifikasi Baranahan Kemhan RI
PERTEMUAN PANEL A AC/135 KE-132 DI CAPELLEN LUXEMBOURG TANGGAL 1 S.D. 5 OKTOBER 2018

Pertemuan Panel A AC/135 ke-132 yang diselenggarakan di Capellen Luxembourg terhitung mulai tanggal 1 s.d 5 Oktober 2018, yang dihadiri oleh delegasi NCB negara lain sebanyak 55 orang dan NSPA sebanyak 3 orang.

Dalam pertemuan Panel A membahas kemajuan transaksi dan pertukaran data antara Negara peserta NCS yang terekam didalam ESR (Elektronic Statistics Report)

Selain itu pengiriman data kodifikasi dari puskod ke NSPA dan dari Puskod ke negara NCB melalui NMBS (NATO Mail Box System) dapat lebih dioptimalkan dikarenakan grafik pengiriman data setiap tahun dilaporkan oleh NSPA dan peserta Panel A dapat berkomunikasi secara langsung mengenai kendala yang dihadapi didalam proses tersebut didalam forum Panel A.

Pusat Kodifikasi Baranahan Kemhan yang dalam tatanan organisasi kodifikasi Internasional mempunyai kedudukan sebagai Badan Kodifikasi Nasional/NCB (National Codification Bureau) Indonesia, banyak mendapatkan manfaat dari pertemuan Panel A dikarenakan kegiatan tersebut memberikan informasi yang up to date dan pengetahuan teknis untuk menunjang kegiatan kodifikasi serta membantu memecahkan masalah-masalah teknis Sistem Kodifikasi NATO.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka koordinasi penyelenggaraan katalogisasi dan kodifikasi materiil pertahanan tersebut adalah keikutsertaan dalam pertemuan Panel A yang diselenggarakan oleh AC/135 bekerjasama dengan NSPA (NATO Support And Procurement Agency). Pertemuan Panel A AC/135 diselenggarakan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun yaitu di bulan Maret dan Oktober, pertemuan ini merupakan forum diskusi membahas masalah teknis dan prosedur mengenai kodifikasi yang terjadi di negara-negara yang tergabung dalam NCS (NATO Codification System) yaitu negara NATO, negara Tier-2 dan negara Tier-1. Adapun masalah teknis kodifikasi tersebut diantaranya mengenai mekanisme kodifikasi, transaksi data kodifikasi, kualitas data kodifikasi dan publikasi serta software pendukung kegiatan kodifikasi.

Peserta pertemuan dapat memperoleh informasi terkini tentang perkembangan teknis kodifikasi sistem NCS dari beberapa negara NATO dan Tier-2 dan dapat meningkatkan koordinasi dalam bidang teknis kodifikasi, pertukaran data antar NCB dan NSPA serta dapat melihat capaian transaksi data dari setiap NCB sehingga dapat menjadi dasar evaluasi dalam meningkatkan kualitas data transaksi data kodifikasi.

Proses Kodifikasi di negara Nato dan Tier-2 sangat berbeda dengan yang berjalan di NCB Indonesia saat ini, negara Nato dan Tier-2 memanfaatkan pengguna (Navy, Army dan Airforce) dan sektor swasta (Manufacture dan jasa konsultan) untuk memproses kodifikasi sehingga data kodififikasi yang dihasilkan lebih akurat sedangkan NCB negara Nato dan Tier-2 sebagai validator dan melakukan transaksi data.

Kembali


Galeri Foto
Galeri Video
Visi Puskod Baranahan Kemhan
Unduh
Link Terkait
Jl. Jati no. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450 Telp: 021-7668062-63 Fax: 021-75907801, 7656847
Email: puskod@kemhan.go.id
PUSAT KODIFIKASI BARANAHAN KEMENTERIAN PERTAHANAN © 2016